Pendidikan Karakter (Bagian 2)

December 26, 2007

By Healthy Wealthy on November 20th, 2007

Tulisannya disingkat aja ya, aku ambil yang penting-penting aja (at least according to my opinion).

Delapan Karakter Utama dalam Pendidikan Karakter:

1. Courage: Keberanian / Keteguhan Hati
Memiliki keinginan untuk berbuat yang benar meskipun yang lain tidak. Memiliki keberanian untuk mengikuti kesadaran / kebenaran dibandingkan mengikuti kebanyakan orang lain. Memilih hal-hal yang baik bila memang lebih bermanfaat.

2. Good Judgement: Pertimbangan yang Baik
Memilih tujuan hidup yang baik dan membuat prioritas yang sesuai, berfikir sampai pada konsekuensi dari setiap aksi, dan memutuskan berdasar pada kebijaksanaan dan pendirian yang baik.

3. Integrity: Integritas
Memiliki kekuatan dalam (inner strength) untuk jujur, dapat dipercaya, dan berkata benar dalam segala hal. Bersikap adil dan terhormat.

4. Kindness: Kebaikan hati
Perhatian, sopan, membantu, dan memahami orang lain; memperlihatkan perhatian, rasa kasihan, berkawan, dan dermawan, dan memperlakukan orang lain seperti halnya anda ingin diperlakukan.

5. Perseverance: Ketekunan
Tekun mengejar tujuan hidup meskipun dihalangi kesulitan, perlawanan, atau keputusasaan. Memperlihatkan kesabaran dan keinginan untuk mencoba lagi meskipun ada keterlambatan, kesalahan, atau kegagalan.

6. Respect: Penghargaan
Memperlihatkan penghargaan pada wewenang, pada orang lain, pada diri sendiri, untuk barang hak milik, dan untuk Negara. Dan memahami bahwa semua orang memiliki nilai sebagai manusia.

7. Responsibility: Tanggung Jawab
Bebas dalam menjalankan kewajiban dan tugas, menunjukkan dapat diandalkan dan konsisten dalam perkataan dan perbuatan, dapat dipercaya dalam setiap kegiatan, dan komitmen untuk aktif terlibat di lingkungan.

8. Self-Discipline: Disiplin Diri
Memperlihatkan kerja keras dan komitmen pada tujuan, mengatur diri untuk perbaikan diri dan juga menghindari perilaku tidak baik, dapat mengendalikan kata-kata, aksi, reaksi, dan juga keinginan. Menghindari seks di luar nikah, narkoba, alcohol, rokok, zat dan perilaku berbahaya lainnya. Melakukan yang terbaik dalam segala hal.

Nah, disambung lagi lain kali ya. Cape juga ternyata menterjemahkan. Mudah-mudahan jadi amal baik. Aamiin.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images