Guru Harus Pandai "Mendidik"

November 24, 2008

Berita di TV yang cukup menggemparkan belakangan ini adalah GURU MENCABULI MURID. Sungguh suatu hal yang sangat memalukan dan merusak citra guru sebagai yang 'digugu dan ditiru'.

Saya pikir, pangkal tolak dari kejadian ini berawal dari adanya suatu persepsi yang salah dari para guru bahwa 'tugas guru' hanyalah 'mengajar'. Mengajar tidak bisa disamakan dengan mendidik. Mengajar hanya melibatkan proses transformasi ilmu dan bukan transformasi nilai-nilai kehidupan.

Ketika mengajar hanya menjadi tugas utama seorang guru, maka transfer nilai-nilai kehidupan yang baik akan ditinggalkan. Ketika guru sudah mengajar..habislah sudah tugas guru. Permasalahan anak mau merokok, tawuran, bolos, sudah bukan menjadi ranah guru lagi. Apakah memang harus seperti ini.

Bagi saya pribadi, menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat susah sekali, selain harus bisa memberikan ilmu, juga harus bisa menjadi teladan yang baik. Apa yang kita lakukan akan menjadi contoh buat anak didik kita. Tak salah kiranya kalau ada anak SD yang merokok, karena gurunya juga merokok. Sekarang apa yang harus kita lakukan dengan diri kita sebagai guru? cuma mengajarkah? atau mengajar dan mendidik juga? semua terserah pada anda sebagai seorang guru.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images