BAGAIMANA MENJADI GURU BERKARAKTER YANG HEBAT

April 28, 2008

Guru adalah profesi yang mulia, mendidik dan mengajarkan pengalaman baru bagi anak didiknya. Apa yang membuat guru di katakana hebat? Kualitas apa yang diharapkan pada diri seorang guru menurut orang tua dan siswa? Berikut adalah beberapa tips bagaimana menjadi guru berkarakter yang hebat.

  • Cintailah anak, cinta yang tulus kepada anak adalah modal awal mendidik anak. Guru menerima anak didiknya apa adanya, mencintainya tanpa syarat dan mendorong anak untuk melakukan yang terbaik pada dirinya. Penampilan yang penuh cinta adalah dengan senyum, sering tanpak bahagia dan menyenangkan dan pandangan hidupnya positif.
  • Bersahabat dengan anak dan jadilah tauladan, guru (digugu dan ditiru), sebelum ilmu ambilah akhlakmu. Rosulullah SAW bersahabat dengan anak-anak tanpa ada rasa kikuk lebih-lebih angkuh. Anak senantiasa mengamati perilaku gurunya dalam setiap kesempatan.
  • Cintailah pekerjaan anda, guru yang mencintai pekerjaannya akan senantiasa bersemangat. Setiap tahun ajaran baru adalah dimulainya satu kebahagiaan dan satu tantangan baru. Guru yang hebat tidak akan merasa bosan dan terbebani. Guru yang hebat akan mencintai anak didiknya satu persatu, memahami kemampuan akademisnya, kepribadiannya, kebiasannya dan kebiasaan belajarnya
  • Luwes dan mudah berdaptasi dengan perubahan, terbuka dengan teknik mengajat baru, membuang rasa sombong dan selalu mencari ilmu. Masuk ke kelas dengan pikiran terbuka dan tidak ragu mengevaluasi gaya mengajarnya sendiri, serta siap berubah jika diaperlukan.
  • Tidak pernah berhenti belajar

    (Dikutip dari media kampanye HADE)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images