ANAK LIFE READY...BENARKAH ?

September 19, 2012

Oleh: Iwan Gunawan
 
Akhir-akhir ini, sebuah IKLAN SUSU FORMULA tengah gencar-gencarnya membuat sebuah opini tentang ANAK LIFE READY. Namun iklan ini telah menggelitik saya untuk mencari kebenaran, apakah memang Allah menciptakan manusia untuk TIDAK LIFE READY ?

Manusia adalah makhluk yang paling sempurna dibanding makhluk ciptaan Allah lainnya, karena manusia diberi kelebihan untuk dapat berpikir dan memiliki akal. Karena itu Allah mempercayakan "manusia sebagai khalifah di bumi" ini, baik, pemimpin bagi dirinya sendiri maupun pemimpin orang lain...disinilah KUNCI BAHWA MANUSIA DICIPTAKAN ALLAH SUDAH LIFE READY...berani hidup..dan siap menjalani hidup. Kunci yang utama dari LIFE READY adalah pendidikan, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 30"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui(Q.S. Al-Baqarah: 30)

Ayat tersebut berkaitan dengan manusia sebagai khalifah di bumi. Kandungan Surat Al-Baqarah ayat 30 tersebut adalah Allah menciptakan manusia ke muka bumi agar dapat menjadi khlaifah di muka bumi ini. Artinya. Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi. Maksud dari manusia sebagai khalifah di bumi adalah manusia tercipta untuk menjadi penguasa dan mengatur segala yang ada di bumi, misalnya menjaga tumbuh-tumbuhan, hewan, hutan, air, sungai, gunung, laut, perikanan, dan lain-lain.

Manusia sebagai khalifah di bumi harus memanfaatkan semua yang terdapat di bumi demi kemaslahatannya. Jika manusia sudah dapat menjalankan semua tugas tersebut, sunatullah yang memosisikan manusia sebagai khalifah di bumi benar-benar dilaksanakan secara baik oleh manusia itu, khususnya manusia yang beriman kepada Allah Swt., dan yang beriman kepada Nabi Muhammad SAW....think again about life ready children!

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images